Jasa Dekorasi Taman

JASA DEKORASI TAMAN

Mandiri Garden

Kami Mandiri Garden merupakan penyedia jasa dekorasi taman. Yang dengan senang hati akan melayani Anda dalam pembuatan taman rumah Anda. Kami mengutamakan kualitas taman Anda, sehingaa fungsi dari taman tersebut bisa lebih tersampaikan. Untuk info kami lebih lanjut, bisa langsung hubungi kami di 0813 6420 2323

Jenis-Jenis Tanaman Hias Buah

Selain dari bunga dan daunnya, kamu pun bisa menjadikan tanaman yang memiliki buah sebagai penghias rumahmu. Apalagi kalau tumbuhannya memiliki perpaduan antara tangkai, daun, dan buah yang indah. Beberapa contohnya adalah:

1. Zaitun

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Buah Zaitun

Salah satu jenis-jenis tanaman hias yang berbuah dan bisa kamu tanam di pekarangan rumahmu adalah zaitun. Secara umum, ia akan tumbuh sebagai pohon atau perdu dan memiliki bunga kecil yang akan membelah menjadi 4 kelopak ketika kuncupnya terbuka.

Setelah ditanam selama kurang lebih lima tahun, biasanya zaitun akan mulai berbuah, di mana buah mudanya sudah bisa dimakan mentah atau dijadikan asinan. Sementara buahnya yang tua bisa diperas dan diekstrak minyaknya.

Menariknya, pohon zaitun ini bisa berusia hingga ribuan tahun, lho! Sehingga kalau kamu menanamnya di rumah sekarang, hasilnya masih bisa dinikmati oleh anak, cucu, cicit, dan keturunanmu selanjutnya.

2. Tomat Ceri

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Buah Tomat Ceri

Kalau kamu menyukai tomat, tidak ada salahnya berusaha menanam salah satu dari jenis-jenis tanaman hias buah yang satu ini. Hal ini dikarenakan tumbuhan ini tidak hanya enak dipandang mata, tapi juga enak dinikmati.

Bahkan, jika ingin memakannya, kamu nggak perlu memotong-motongnya lagi karena ukurannya yang kecil. Belum lagi rasanya yang lebih manis dibandingkan tomat pada umumnya, menjadikannya terasa lebih enak ketika dimakan secara langsung.

Namun, jangan langsung terburu-buru membeli benihnya, ya! Kamu harus menanyakan juga ke penjualnya, apakah benih tomat ceri yang akan kamu beli itu cocok untuk ditanam di daerah rumahmu. Hal ini dikarenakan, tomat ceri ini dibagi menjadi beberapa varietas sesuai dengan daerah penanamannya, yaitu di dataran rendah, menengah, atau tinggi.

Untuk menanamnya juga kamu tidak hanya bisa melakukan langsung di tanah, tapi juga bisa dalam pot. Kemudian jangan lupa untuk menyiramnya dan memberikan pupuk secara rutin. Bahkan, kalau ingin mendapatkan tanah yang lebih bernutrisi, kamu juga bisa mencampurkan bubuk kopi yang dijual di toko-toko pada tanahnya.

3. Buah Naga Mini

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Buah Naga MiniSumber: Instagram – weeza016

Kalau kamu menyukai buah naga tapi bingung karena tidak memiliki banyak lahan untuk menanamnya, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang kamu bisa menanam buah naga mini sebagai tabulampot (tanaman buah dalam pot) hias.

Meskipun nama dan rasanya sama dengan buah naga, tapi ada beberapa perbedaan antara kedua buah tersebut. Selain ukurannya yang jelas terlihat berbeda, buah naga mini memiliki bentuk batang dan daun yang terlihat melingkar seperti rambut ikal, tidak seperti buah naga yang bentuk batangnya menyerupai kaktus tanpa duri. Ukuran pohonnya pun pendek dengan sulur yang melingkar, sementara buah naga pada umumnya berukuran panjang menjuntai ke bawah.

Jika kamu ingin menanamnya, pastikan kamu menggunakan media tanam yang gembur dan kaya nutrisi. Pastikan juga untuk meletakkannya di tempat terbuka karena buah naga mini memerlukan sinar matahari penuh untuk tumbuh secara optimal.

4. Jeruk Nagami

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Buah Jeruk NagamiSumber: Instagram – normalnisa

Kamu pernah nggak mendengar nama buah jeruk yang satu ini? Salah satu jenis tanaman hias buah ini memiliki keunggulan karena ukuran buahnya yang lonjong kecil dan bisa dimakan langsung dengan kulitnya. Rasanya asam dan manis, di mana rasa manisnya lebih terasa dari kulitnya.

Secara fisik, pohon jeruk nagami ini dapat tumbuh setinggi 2,5 – 4,5 meter dengan batang yang bercabang banyak dan berduri. Daunnya hijau mengkilap dan bunganya berwarna putih mirip bunga jeruk biasa. Menariknya, setiap pohonnya dapat menghasilkan ribuan buah setiap tahun.

Perawatannya juga sangat mudah. Cukup disiram sehari sekali dan diberi pupuk seminggu sekali akan cukup membuatnya subur dan rutin berbuah. Jika daunnya terlihat terlalu rimbun, bisa juga dilakukan pemangkasan agar nutrisinya lebih terfokus ke pertumbuhan buahnya.

5. Tin

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Buah Tin

Ketika mendengar nama buah tin, beberapa dari kamu mungkin teringat akan buah yang disebut dalam tiga kitab suci, Alquran, Injil, dan Taurat. Pohon yang juga dikenal dengan nama ara ini tak hanya bisa dinikmati buahnya, tapi juga bisa menjadi salah satu jenis-jenis tanaman hias di rumahmu.

Ukuran pohonnya besar dan dapat tumbuh hingga setinggi 10 meter dengan batang lunak berwarna abu-abu. Meskipun begitu, kamu bisa menanam pohon ini dalam pot dan tetap mendapatkan hasil buahnya.

Buah tin bisa dinikmati dengan cara dimakan langsung, dikeringkan, atau dibuat selai. Namun, kalau kamu sudah memetik buahnya, kamu harus segera memanfaatkan buah tersebut karena tidak bisa disimpan lama dan mudah rusak.

Baca juga : Renovasi Taman Rumah

Jasa Pembuatan Taman JogjaJasa Pembuatan Kolam JogjaMandiri Garden | hadir dengan menawarkan Jasa pembuatan taman, jasa pembuatan kolam, perawatan taman, bahkan kami melayani dekorasi taman dan kolam Anda. Kami Jasa Pembuatan Taman Jogja juga menyediakan berbagai kebutuhan untuk taman Anda seperti tanaman perindang, tanaman hias, pupuk, dan lain sebagainya. Hubungi  0813 6420 2323 | Jasatamanjogja-mandirigarden.com

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *