Dream of spring with a new garden plan

If you are looking to shift to a new house or want to renovate your existing one, the first thing you will need to think about is the painting. While it may be tempting to hire a professional to do it if you have never painted before, it will cost you a lot of money. Painting your own house allows you to experiment with something new and will help you save thousands of dollars.

Read more

Manfaat Akar Tumbuhan

MANFAAT AKAR TUMBUHAN

Mandiri Garden – Pasti kalian sudah mendengar bukan apa saja bagian-bagian tumbuhan? Diantaranya adalah daun, batang, akar, dan bunga. Nah salah satu yang ingin kita bahas adalah bagian akar. Akar ini sebenarnya berfungsi untuk apa sih? Untuk pengertian akar yang lebih jelas, alangkah lebih baik kita pahami bersama pada artikel berikut ini.

Fungsi Akar

Adapun fungsi-fungsinya yaitu sebagai berikut:

  1. Berfungsi sebagai penyokong dan untuk memperkuat serta memperkokoh berdirinya tumbuh-tumbuhan dimana ia hidup.
  2. Tempat penyerapan air & zat-zat hara dari dalam tanah.
  3. Sebagai tempat untuk menyimpan makanan, seperti pada tumbuhan wortel dan ubi.
  4. Untuk mengangkut air & membawa zat-zat yang sudah terserap ke bagian tubuh tumbuh-tumbuhanan.
  5. Untuk tumbuhan bakau, akar berfungsi sebagai alat respirasi.
  6. Pada tumbuhan sukun, dari bagian akar dapat tumbuh tunas yang akan tumbuh menjadi individu baru.

Jenis-Jenis Akar

Akar pada setiap tumbuh-tumbuhan biasanya berbeda dan memiliki jenisnya tersendiri. Adapun jenis-jenis akar yaitu:

Akar Serabut

Akar jenis ini pada umumnya terdapat pada tumbuhan monokotil, meskipun terkadang ada pada tumbuhan dikotil yang biasa ditemukan pada hasil stek ataupun cangkok. Jenis akar ini memiliki banyak akar kecilnya, sangat ramping berukuran sama dan biasanya bentuk akar ini seperti benang-benang.

Akar Tunggang

Akar jenis ini pada umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil. Seperti pada tumbuhan wortel dan bentuk umbi-umbian. Akar jenis ini memiliki akar yang besar dengan beberapa cabang & ranting akar

Jenis akar lainnya yakni akar adventif antara lain:

Akar Gantung

Jenis akar ini tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuhnya ke arah tanah. Sehingga akar tersebut terlihat menggantung di udara. Fungsi dari akar gantung ini yaitu menyerap uap air & gas dari udara. Akan tetapi, jika akar tumbuh sampai ke tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi menyerap air dan garam-garam mineral. Contoh tumbuhan yang berakar gantung ini ialah pohon beringin.

Manfaat Bunga Melati

Ciri Khusus Bunga Melati

  • Menurut jenis batangnya, tumbuhan ini dapat digolongkan sebagai semak
  • Batangnya berkayu dengan tinggi kurang dari 5 meter, Batangnya sedikit berbulu halus dan jarang
  • Daun Melati putih merupakan tumbuhan dengan daun majemuk menyirip (pinnatus), artinya daun majemuk yang anak daunnya terdapat di kanan dan kiri ibu tangkai daun tersusun seperti sirip pada ikan.
  • Kedudukan daun batang (filotaksis) berjenis apposite dengan setiap buku terdapat dua lembar daun yang berhadapan.
  • Daunnya hanya memiliki tangkai dan helaian saja, berbentuk ovate, pangkal daun berbentuk setengah lingkaran sedangkan pada ujung daun sedikit meruncing.
  • Pinggir daun tidak rata dan sedikit bergelombang. Permukaan daun agak berkerut seperti daun jambu biji dengan pertulangan daun menyirip mengikuti bangun daun yang oval.
  • Bunga melati berwarna putih dan mengeluarkan aroma wangi dan terapi yang dapat dimanfaatkan dalam kesehatan
  • Bunga melati merupakan bunga majemuk, memilki ibu tangkai bunga yang keluar dari ketiak daun
  • Bunga melati memmiiliki Susunan bunga menyirip dan berhadapan
  • Bunga yang memilki 7 mahkota berlapis-lapis ini akan berbentuk datar sehingga pada bunga jenis ini tidak ditemukan kelopak bunga
Bunga melati juga memiliki berbagai manfaat dan kegunaan. Di bagian artikel lain blog ini kami telah menulis manfaat bunga melati bagi kesehatan. Diantara khasiat tersebut yaitu:
  • Menghilangkan bau badan
  • Mengatasi sakit kepala
  • Menghilangkan stress dan ketengangan
  • Meningkatkan fungsi pencernaan
  • Memiliki sifat antiseptik (mengobati infeksi kulit)
  • Menyembuhkan radang usus
Dengan mengetahui ciri ciri dan manfaat bunga melati diatas diharapkan dapat memperluas pengetahuan kita terhadap bunga melati. Karena meskipun sudah sangat populer, hanya sedikit yang mengetahui manfaat bunga ini. Semoga bermanfaat.

Ciri Bunga Matahari

9 Ciri ciri Bunga Matahari dan Manfaatnya

Berikut adalah penjelasan mengenai ciri-ciri bunga matahari :

  1. Bunga matahari termasuk dalam pengelompokan tumbuhan kerajaan plantae, ordo arestales, family asteraceae, dan termasuk dalam genus heliantus.
  2. Bunga matahari tumbuh di negara Amerika serikat dan bisa mencapai ketinggian 3 meter hingga 5 meter tergantung dengan jenis varietasnya masing-masing. daun bunga matahari lebar, batangnya ditumbuhi dengan rambut kasar (akan terasa gatal jika tersentuh kulit), tumbuhnya tegak dari tanah dan sangat jarang bercabang jadi hanya memiliki batang tunggal dengan satu bunga saja.
  3. Bunga matahari merupakan bunga majemuk yang berasal dari ribuan bunga dan tersusun dalam satu tangkai bunga yang besar.
  4. Saat ini terdapat dua tipe bunga matahari yaitu bunga tepi atau sering juga disebut sebagai bunga lidah. Mengapa dinamakan demikian karena tipe bunga ini merupakan bunga steril atau tanpa biji dengan ukuran kelopaknya yang sangat besar.
  5. Sedangkan tipe lainnya adalah bunga tabung yang memiliki biji di dalam bunganya. Di dalam bunga tabung ini setidaknya terdapat 2000 kuntum bunga atau biji di dalamnya.
  6. Bunga matahari memiliki pergerakan sendiri yang dinamakan bunga heliotropisme dimana bunganya selalu mengikuti kemana arah matahari berjalan. Oleh karena itulah bunga ini diberi nama bunga matahari karena selalu mengikuti matahari dan juga karena bentuk bunga ini yang hampir sama dengan matahari secara imajiner.
  7. Karena pergerakan ini bunga matahari memiliki keuntungan 10% dari proses fotosintesis. Proses penyerbukan bunga matahari dilakukan dengan kawin silang yang dibantu oleh pergerakan angin yang menyebarkan serbuk sari jauh pada putik bunga betina dan kemudian terjadilah pembuahan.
  8. Di dalam bunga matahari terdapat buah yang berbentuk kurung, biji bunga matahari yang sebenarnya ada di dalam buah lain yang melindunginya yang memiliki kulit tebal dan keras.
  9. Biji bunga matahari ini banyak digunakan untuk konsumsi dan diambil minyaknya karena di dalam minyak bunga matahari terdapat lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

Intip Tentang Bunga Sakura

INTIP TENTANG BUNGA SAKURA

Mandiri Garden – Siapa sih yang tidak kenal dengan bunga sakura? Bunga sakura kebanggaan negara Jepang. Bunga ini merupakan bunga yang sangat cantik. Nah bunga ini memiliki beberapa jenisnya loh! Penasaran apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini :

Beberapa jenis sakura:

  • Hikanzakura

Hikanzakura atau disebut juga kanhizakura adalah sakura yang tersebar mulai dari wilayah Tiongkok bagian selatan sampai ke Pulau Formosa. Kanhizakura banyak ditemukan tumbuh liar di Prefektur Okinawa.

  • Edohigan

Edohigan adalah sakura yang mekar di Hari Ekuinoks Musim Semi dan bunganya paling panjang umur. Jenis-jenis lain yang serupa dengan edohigan adalah ishiwarizakura dan yamadakashinyozakura yang termasuk pohon sakura yang dilindungi.

  • Fuyuzakura

Fuyuzakura adalah jenis pohon sakura yang bunganya mekar sekitar bulan November sampai akhir bulan Desember. Karena jenis ini hanya mekar saat musim hujan.

  • Shidarezakura

Shidarezakura adalah sakura yang bunga dan cabang-cabang pohonnya mengarah ke bawah seperti sedang berjatuhan. Sakura jenis ini ada yang memiliki lima mahkota bunga dan lebih dari lima mahkota bunga. Sakura ini mekar pada akhir bulan Maret dan awal bulan April.

Seperti Apa Taman Abadi?

SEPERTI APA TAMAN ABADI?

Mandiri Garden – Pernahkah Anda mendengar dengan istilah tanaman abadi? Iya benar sekali tanaman abadi atau Edelweis Jawa atau Bunga Senduro (Anaphalis javanica) ini merupakan bunga atau tanaman yang memiliki ciri-ciri warna hijau abu-abu muda karena pada bagian daunnya tertutup bulu-bulu seperti wol dan ketika bunga ini mengering warnanya menjadi gelap karena mesofil yang terdegradas.

Tanaman Bunga Abadi

Anaphalis javanica tergolong dalam marga Compositae. Bunga Edelweis berkembang  di atas dasar bunga yang rata dan memiliki warna keemasan. Kepala sari dari bunga ini membentuk tabung yang berkumpul menjadi satu pada satu wadah (van Leeuwen, 1933). Bentuk daunnya linier, lancip, berbulu, memiliki panjang 4-6 cm dan lebar 0,5 cm (van Steenis, 1978).  Hidup dari tumbuhan ini sangat bergantung pada cahaya matahari, oleh karena itu Edelweis dapat tumbuh pada wilayah perbatasan antara hutan dan daerah terbuka (van Steenis, 1978). Edelweis dapat tetap tumbuh berkelompok pada tanah yang miskin hara. Hal itu dapat terjadi karena akar dari Edelweis dapat bersimbiosis dengan cendawan tertentu membentuk mikoriza yang membantu Edelweiss mencari unsur hara (van Leeuwen, 1933).

Tumbuhan yang sempat menjadi ikon dalam perangko Indonesia ini dapat dijumpai pada ketinggian antara 1600 sampai 3600 mdpl. van Leeuwen (1933) mengatakan bahwa tumbuhan ini dapat dijumpai di Gunung Sumbing, G. Merbabu, G. Gede Pangrango, G. Ciremai, G. Lawu, G. Kawi, G. Arjuno, dan Dataran Tinggi Dieng. Selain itu menurut van Steenis (1978) Edelweis juga dapat ditemukan di pegunungan pulau Sumatera, Sulawesi, Bali, dan Lombok.

flora-fauna-1 Edelweis Sebagai Ikon Perangko Indonesia

Habitatnya yang berada pada daerah pegunungan membuat tumbuhan ini dilekati oleh beberapa mitos. Banyak orang yang rela mendaki gunung untuk berjumpa dengan tumbuhan ini, namun terkadang hal tersebut disertai dengan perilaku tidak bertanggung jawab, memetik bunga ini untuk dibawa pulang contohnya. Edelweis dipetik karena mitos-mitos yang melekat pada dirinya. Orang-orang beranggapan bahwa Edelweis merupakan symbol cinta sejati dan keberanian karena untuk menjumpainya perlu menempuh perjalanan yang tidak mudah. Mitos-mitos itulah yang mengaburkan kelestarian dari Edelweis. Sebagai contoh Edelweis terlihat mendominasi puncak Gunung Gede Pangrango. Pada tahun 2012 sempat dilakukan pengukuran lapangan oleh Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Besar Taman Nasional Gunung Pangrango (BBTNGP), hasil pengukuran tersebut menyatakan bahwa luas area tumbuhan Edelweis tumbuh di daerah Alun-alun Surya Kencana Gunung Gede Pangrango adalah 51 Ha dan yang terindikasi mengalami degradasi adalah seluas 30 Ha (Retno, 2016).

suryakencana-gunung-gede-x

Jika degradasi yang terjadi tidak segera ditindaklanjuti maka dapat dipastikan bahwa tumbuhan ini akan mengalami kepunahan. Tumbuhan endemic zona subalpine ini ada dalam perlindungan peraturan pemerintah bidang kehutanan dan tergolong dalam tanaman langka pada katagori jarang (rere), yaitu jenis tanaman yang populasinya besar namun hanya terdapat secara lokal di suatu daerah saja, atau daerah penyebarannya luas tapi sudah jarang dijumpai karena mengalami erosi dan tekanan yang berat (Retno, 2016). Spesies ini belum terdaftar pada IUCN. Meskipun demkian kelestariannya harus tetap dijaga karena selain indah tumbuhan ini juga memiliki peran penting dalam segi ekologis. Tumbuhan ini juga telah mulai dibudidayakan oleh masyarakat sekitar, salah satunya dengan stek. Kiranya julukan abadi selalu melekat padanya.

Hias Kolam Anda dengan Ini

HIAS KOLAM ANDA DENGAN INI

Mandiri Garden – Salah satu yang dibutuhkan jika Anda sudah mempunyai kolam adalah ikannya bukan? Biasanya ikan untuk kolam adalah beberapa macam ikan hias. Ikan hias ini terdiri dari beberapa macamnya loh! Nah bagi Anda yang kesusahan ingin memilih ikan hias apa. Yuk simak ulasan berikut ini.

9 Ikan Hias Air Tawar Terbaik untuk Kolam Ikan

1. Ikan Hias Air Tawar Discus

11 Jenis Ikan Hias Air Tawar -4
Pilihan warnanya yang cerah pasti membuat akuarium semakin cantik (Foto: wallpapercave)

Ikan discus merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berasal dari Amazon, Amerika Selatan. Siapa yang tak terkesima melihat jenis ikan yang penuh warna ini? Bentuknya yang unik, disempurnakan dengan warna yang begitu indah membuat ikan discus menjadi favorit banyak orang.

Bentuknya yang pipih jika dilihat dari depan, dan akan terlihat bundar jika dilihat dari samping membuat jenis ikan hias air tawar yang satu ini begitu mudah dikenali. Jenis ikan hias air tawar yang satu ini juga memiliki sirip yang besar dan memanjang dengan mata yang berwarna merah. Panjang ikan discus bisa mencapai 15-25 cm.

Namun sayangnya, ikan hias tawar ini tidak direkomendasikan untuk dipelihara para pemula. Hal ini dikarenakan ikan discus membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra dibandingkan jenis ikan hias air tawar yang lain.

2. Ikan Hias Air Tawar Black Phantom

11 Jenis Ikan Hias Air Tawar - 5
Didominasi warna hitam membuatnya terlihat garang (Foto: Pinterest)

Jenis ikan hias air tawar yang satu ini memiliki nama yang cukup seram, yaitu black phantom atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti hantu hitam. Ikan hias air tawar ini berasal dari sungai-sungai yang ada di Amazon.

Ikan ini mendapat sebutan hantu hitam karena warna ikan hias ini memang hampir keseluruhan berwarna hitam, hanya pada bagian ekor yang memiliki garis berwarna putih. Bentuk sirip ikan hias air tawar ini juga bergelambir-gelambir dan membuatnya terlihat seperti hantu ketika berenang.

Meski demikian, ada pula sebagian orang yang menyebut ikan hias ini dengan sebutan ikan penari balet. Hal ini dikarenakan jenis ikan hias ini memiliki kebiasaan bergerak maju-mundur seolah-olah sedang menari. Dalam hal perawatan, ikan black phantom tergolong sangat mudah. Ikan ini memakan jentik-jentik nyamuk, cacing kering dan pellet. Tertarik untuk memiliki?

3. Ikan Hias Air Tawar Botia

11 Jenis Ikan Hias Air Tawar - 5
Ikan ini punya segudang penggemar (Foto: CJ Aquatic)

Nah jenis ikan hias air tawar yang satu ini tidak hanya memiliki penggemar dari Indonesia saja, tapi juga menjadi idola di berbagai belahan dunia. Ikan botia termasuk jenis ikan hias air tawar dari family Cobitidae, dan merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling banyak diburu para pecinta ikan hias air tawar untuk menghiasi akuarium mereka. Terdapat beberapa jenis ikan hias botia yang menjadi primadona, di antaranya ikan botia macan, ikan botia badut, ikan botia morleti, dan ikan botia India.

Ikan botia berwarna kuning cerah dengan tiga garis lebar berwarna hitam. Habitat ikan botia berada di daerah perairan jernih dengan bebatuan sebagai dasarnya. Jenis ikan hias air tawar ini merupakan ikan yang aktif dimalam hari, atau yang lebih dikenal dengan istilah nokturnal.

Jenis ikan hias botia macan dan ikan botia badut merupakan spesies ikan hias botia asli dari Indonesia. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang diekspor Indonesia ke berbagai negara. Ikan botia badut merupakan salah satu yang menjadi favorit banyak orang

4. Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

11 Jenis Ikan Hias Air Tawar -6
Merupakan ikan yang paling laris di pasaran (Foto: unsplash)

Jenis ikan hias air tawar mas koki merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak diminati dikalangan pencinta ikan air tawar Indonesia. Dilihat dari segi warna, ikan mas koki ini memang memiliki warna yang cantik, yaitu perpaduan warna putih dan orange keemasan. Ikan tawar mas koki juga dapat dibilang sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling laris di pasaran diantara jenis-jenis ikan hias air tawar dari keluarga goldfish.

Selain memiliki warna yang indah, ikan mas koki ini juga memiliki yang sangat unik. Memiliki perut “buncit” dengan mata besar dan ekor yang berumbai-rumbai membuat ikan mas koki begitu memikat para pencinta ikan hias air tawar. Ikan mas koki ini wajib ada di akuarium milikmu!

5. Ikan Hias Air Tawar Louhan

11 Jenis Ikan Hias Air Tawar - 7
Memiliki karakter morfologi yang unik (Foto: pexels)

Bisa dibilang, ikan louhan adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup terkenal di kalangan masyarakat, bahkan di kalangan masyarakat awam sekalipun. Hal ini dikarenakan ikan louhan memiliki bentuk yang sangat khas, yaitu bagian depan kepala yang menonjol.

Di Indonesia, ikan ini menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati para kolektor ikan profesional. Bentuknya yang unik dengan warna yang indah menjadikan ikan louhan sebagai simbol keberuntungan. Tak ayal jika harga ikan air tawar yang satu ini terbilang sangat tinggi. Tertarik memiliki

6. Ikan Hias Air Tawar Neon Tetra

11 Jenis Ikan Hias Air Tawar - 8
Ikan yang mampu mengeluarkan cahaya kebiruan. (Foto: Wikimedia)

Tidak lengkap rasanya jika kamu mempunyai akuarium namun di dalamnya tidak terdapat jenis ikan hias air tawar yang dapat memancarkan cahaya lebih kebiruan. Dengan nama latin Paracheirodon innesi, ikan neon tetra menjadi pilihan pelengkap ikan hias air tawar yang ada di akuarium.

Jenis ikan air tawar ini tergolong dalam kelompok ikan cardinal fish atau ikan air tawar yang membentuk sculling atau gerombolan. Sisik dalam neon terta mempunyai zat bioluminesen, yang artinya bisa mengeluarkan cahaya.

Letak Kolam Ikan Menurut Feng Shui

LETAK KOLAM IKAN MENURUT FENG SHUI

Mandiri Garden – Pernahkah Anda mendengar segala ilmu mengenai feng shui? Pasti pernah bukan? Nah apa hubunngan sekarang dengan kolam ikan? Pasti kalian bertanya-tanya bukan? Tidak hanya desain rumah saja yang bisa disambungkan dengan ilmu feng shui. Kolam ikan pun akan ada ilmu feng shui mengenai tata letak dimana, seperti apa dan lain sebagainya. Penasaran bagaimana ulasannya?

Kolam Ikan di Belakang Rumah Boleh Saja

Berbicara mengenai feng shui tentu akan identik dengan lambang air dan lambang api. Secara logika air dan api tentu tidak akan menyatu karena merupakan lawan. Namun dalam ilmu feng shui, keduanya dapat dipadukan asal tepat. Termasuk pemilihan adanya kolam ikan dalam rumah sebagai lambang air dalam ilmu feng shui.

Anda telah menentukan posisi kolam ikan di belakang rumah. Sebaiknya Anda belum benar-benar membangunnya karena jika salah maka Anda pun harus membongkar kembali kolam ikan tersebut. Anda harus mengikuti aturan peletakkan kolam ikan secara fengshui agar hoki datang ke rumah Anda.

Secara ilmu feng shui kolam ikan, peletakkan kolam ikan di belakang rumah boleh-boleh saja. Anda pun tidak perlu risau akan adanya energi negatif jika Anda meletakkan di belakang. Sebaliknya energi negatif akan menghampiri Anda jika meletakkan kolam ikan tepat di sebelah kamar tidur Anda. Jadi kolam ikan dapat Anda lihat dari dalam kamar Anda. Hal tersebut yang akan menolak adanya energi positif.

feng shui kolam ikan di belakang rumah

Kolam Ikan di Tengah & Depan Rumah Harus Dihindari

Pemilihan letak kolam ikan Anda sudah baik menurut fengshui kolam ikan. Sebab yang akan menjadi banyak masalah untuk menolak datangnya energi positif adalah jika meletakkan kolam ikan di depan rumah. Kolam ikan di depan rumah akan lebih banyak membawa energi negatif sehingga harus dihindari.

Ada baiknya jika ukuran kolam ikan tidak terlalu kecil sebab jika jumlah ikan koi Anda semakin banyak maka jarak antar ruang ikan koi berenang semakin tidak leluasa. Sebaiknya buat kolam ikan yang besar agar ikan koi bebas berenang dan Anda yang menikmati keindahan ikan koi juga tenang melihatnya.

Hal yang harus dihindari dalam pemilihan letak kolam ikan menurut ilmu feng shui adalah memilih letak kolam ikan di tengah rumah. Sebab ada orang yang memilih letak tersebut dengan maksud dapat menikmati ikan walaupun di dalam rumah. Padahal hal tersebut akan membawa energi negatif lebih mudah menghampiri Anda karena bisa jadi Anda terkena masalah dalam hal kesehatan seperti jantung. Letak kolam ditengah memang digambarkan dalam fengshui dengan penyakit jantung.

Sehingga dengan melihat kemungikan yang ada, letak kolam Anda tidak perlu diubah harus bagaimana. Letak tersebut sudah tepat dan Anda tidak perlu risau asalkan mengikuti beberapa koreksi feng shui kolam ikan yang disebutkan di atas untuk kolam ikan Anda.

Feng Shui Kolam Ikan di Dalam Rumah

feng shui kolam ikan di dalam rumah

Menurut feng shui, sebaiknya Anda tidak meletakkan kolam di dalam rumah atau kolam ikan di bagian kanan rumah atau pintu utama rumah Anda. Mengapa kolam ikan atau kolam lainnya tidak boleh diletakkan di sebelah kanan pintu utama? Hal ini justru akan menyebabkan adanya perselingkuhan di dalam rumah tersebut.

Lalu bagaimana jika Anda sudah terlanjur membuat kolam di sebelah kanan pintu utama rumah Anda? Anda tetap bisa mengurangi efek negatif dari kolam tersebut dengan cara menutup kolam ikan tersebut. Selain menutup kolam tersebut, sebaiknya Anda juga memberikan penerangan dengan cahaya lampu berwarna putih atau lampu berwarna kuning.

Kolam ini akan menjadi penangkap energi positif bagi rumah Anda. Oleh sebab itu sebaiknya Anda harus selalu memastikan bahwa kolam tersebut selalu dikelola dengan bersih atau jernih. Selalu pastikan bahwa air di kolam tersebut dalam kondisi yang baik. Jika kolam tersebut berisi air yang keruh maka nantinya akan memberikan dampak buruk bagi penghuni bangunan tersebut juga. Dampak buruk tidak selalu dalam hal kebangkrutan ekonomi namun bisa menyebabkan gangguan kesehatan bagi semua penghuni dalam rumah tersebut.

Sebaiknya Anda juga tidak meletakkan kolam di dekat kamar tidur utama. Ini justru akan memberikan gangguan tidur bagi orang yang tidur di kamar tersebut. Nantinya kolam ikan yang diletakkan di sebelah kamar utama justru akan menyebabkan resiko penyakit jantung bagi penghuni rumah tersebut.  Hal-hal tersebut harus dipahami dan Anda bisa mengetahui beberapa panduan kolam di dalam rumah yang tepat lainnya di berbagai sumber lainnya.

Menyediakan Pupuk Tanaman

MENYEDIAKAN PUPUK TANAMAN

Mandiri Garden

Kami Mandiri Garden merupakan penyedia jasa taman dan kolam. Kami juga menyediakan beberapa perlengkapan untuk taman dan kolam Anda. Seperti pupuk tanaman, pot bunga, dan lain sebagainya. Untuk info lanjut tentang kami KLIK DISINI.

Macam-Macam Pupuk Tanaman

Secara garis besar kebutuhan tanaman akan nutrisi, pupuk dapat dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu pupuk makro dan pupuk mikro.

  • Pupuk Makro

Pupuk makro adalah pupuk yang dibutuhkan tanaman. Dalam kadar cukup banyak untuk menunjang pertumbuhannya. Pupuk makro bisa disebut sebagai pupuk utama. Yang wajib untuk diberikan karena kekurangan pupuk ini dampaknya sangat fatal. Jenis unsur hara yang termasuk pupuk makro adalah N (Nitrogen), P (Phospat), K (Kalium), Mg (Magnesium), S (Sulfur), dan Ca (Kalsium). Pada aplikasinya sendiri unsur N,P,K harus lebih banyak ketimbang unsur Mg, S, dan Ca yang bisa diberikan seperlunya saja.

  • Pupuk Mikro

Pupuk mikro merupakan plant activator (senyawa esensial) yang dibutuhkan tanaman untuk menyeimbangkan proses metabolisme serta mengaktifkan sekaligus mengatur senyawa kimia dalam jaringan tanaman. Disebut pupuk mikro karena kebutuhan tanaman akan unsur mikro memang sangatlah sedikit.

Namun bukan berarti tidak penting. Tidak adanya salah satu unsur hara mikro saja bisa menyebabkan berbagai kondisi perkembangan abnormal pada tanaman. Contoh pupuk Mikro adalah B, Cl, Zn, Mn, Fe, Cu, Ni, dan Mo. Untuk level lebih kecil lagi (benefit esensial) adalah termasuk Al, Cobalt, Selenium, Silicon, Sodium dan Vanadium.

Baca juga : Pupuk Tanaman Untuk Taman

 

Alasan Mengapa Dengan Jasa Kami

ALASAN MENGAPA DENGAN JASA KAMI

Mandiri Garden

Jika terdapat pertanyaan mengapa harus kami? Jawabannya adalah karena kami memberikan pelayanan terbaik kami. Kami mengutamakan kualitas dan juga kepuasan konsumen. Kami juga mengutamakan fungsi dari taman agar tersampai dengan baik bagi si penghuni rumah. Tunggu apa lagi? Segera buat taman Anda dengan kami!

Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang

Jenis yang terakhir adalah tanaman hias batang. Biasanya, jenis ini merupakan tumbuhan yang ukurannya tidak terlalu besar dan memiliki keindahan dari segi batang atau tangkainya. Beberapa contohnya adalah:

1. Palem Merah

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Palem MerahSumber: Instagram – kemuning.krg

Jika kamu mencari jenis-jenis tanaman hias batang yang cukup populer, cobalah untuk mencari palem merah. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Cyrtostachys lakka ini banyak disukai karena kontras warna batang dan daunnya terlihat indah ketika dipajang di halaman rumah.

Menariknya, palem merah memiliki keunikan dibandingkan dengan jenis palem lainnya. Selain warna batangnya yang merah, palem merah juga memiliki batang yang berukuran sedang dan daun yang tidak terlalu menjuntai ataupun lebar.

Untuk merawatnya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyirami palem merah ini secukupnya jangan sampai airnya menggenang dan memupuk setidaknya 2 – 4 kali dalam setahun. Jangan lupa juga untuk memastikan tanamanmu ini bebas hama dan penyakit agar kamu bisa menikmati keindahannya.

2. Bambu Kuning

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Bambu KuningSumber: Instagram – ita.garden

Pernahkah kamu mendengar cerita-cerita mistis yang selalu dihubung-hubungkan dengan bambu kuning? Baik itu dianggap sebagai tempat tinggal beberapa jenis makhluk halus, hingga tentang kesaktian tumbuhan yang satu ini.

Padahal, terlepas dari cerita misteri tersebut sebenarnya terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tumbuhan bambu kuning ini. Salah satunya adalah sebagai obat berbagai macam penyakit mulai dari asam urat hingga jantung koroner setelah diolah sedemikian rupa.

Jika ingin menanamnya, kamu bisa menggunakan cara stek rumpun atau cabang. Pilih jenis rumpun yang tidak terlalu muda atau terlalu tua, kemudian tanam di kebun atau halaman rumah.

Lakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hari, lalu berikan pupuk 3 kali dalam setahun dan bambu kuningmu pun akan tumbuh dengan baik. Agar nutrisinya bisa selalu terjaga, pastikan juga untuk melakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu yang tumbuh di sekitar bambu kuning. Caranya bisa dilakukan secara manual atau dengan menyemprotkan herbisida dan pestisida.

3. Haworthia Cactus Zebra

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Haworthia Cactus Zebra

Ketika melihat tanaman ini untuk pertama kalinya, beberapa dari kamu mungkin mengira tumbuhan yang satu ini adalah lidah buaya. Hal tersebut tidaklah mengherankan karena keduanya berasal dari klasifikasi subkeluarga yang sama, yaitu Asphodeloideae.

Secara umum, haworthia termasuk dalam jenis tumbuhan berukuran mungil dengan pertumbuhan yang lambat. Sehingga jika diletakkan dalam wadah kecil, haworthia akan cocok sekali dijadikan hadiah untuk teman atau kekasih tersayang. Terlebih lagi dengan pola-pola putih seperti zebra di batangnya akan menjadikannya cocok sebagai kado yang indah.

Merawatnya pun terhitung sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiramnya sekali dalam dua minggu. Bahkan seperti kaktus pada umumnya, haworthia juga tidak membutuhkan pupuk atau sinar matahari langsung untuk tetap tumbuh.

4. Ball Cactus

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Ball Cactus

Kalau kamu ingin merawat jenis-jenis tanaman hias batang yang ukurannya mungil menggemaskan, coba carilah ball cactus. Salah satu jenis kaktus yang satu ini biasanya berbentuk bulat kecil dan bisa dijadikan hiasan di atas meja kantor ataupun rumah.

Secara umum, ball cactus biasanya memiliki batang berbentuk bulat atau sedikit lonjong, kemudian memiliki sekelompok duri pendek-pendek di sekelilingnya. Beberapa jenis ball cactus bahkan memiliki bunga kecil berukuran 1 cm dengan berbagai warna seperti merah, kuning, oranye, atau pink.

Cara merawat salah satu jenis-jenis tumbuhan hias kaktus ini juga tidak sulit. Beberapa yang perlu kamu perhatikan adalah ball cactus ini tidak menyukai cahaya matahari langsung, pemupukan, ataupun terlalu sering disiram.

5. Pincushion Cactus

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Pincushion CactusSumber: Instagram – xtinapretorius

Kalau ball cactus tadi memiliki duri-duri pendek di sekeliling batangnya, pincushion cactus memiliki duri halus yang panjang. Jadi kalau kamu berniat memelihara tumbuhan yang satu ini, kamu harus berhati-hati agar jangan sampai tanganmu terluka.

Jenis dari pincushion cactus itu sendiri sebenarnya ada bermacam-macam, seperti crawling log cactus, snowball cushion cactus, old lady cactus, dan masih banyak lagi. Namun, rata-rata semuanya memiliki ukuran yang kecil, bentuk seperti bola atau lonjong, dan memiliki duri panjang di seluruh permukaannya.

Perawatannya yang mudah membuat tumbuhan ini cocok sekali ditanam oleh kamu yang sibuk dan sering lupa menyiram tanamanmu. Kalau akhirnya kamu jadi membelinya, sesekali usahakan untuk tetap menyiramnya, ya! Karena jika dirawat dengan baik, ada kemungkinan kaktusmu ini akan mengeluarkan bunga yang juga bisa kamu nikmati keindahannya.

Jasa Dekorasi Taman

JASA DEKORASI TAMAN

Mandiri Garden

Kami Mandiri Garden merupakan penyedia jasa dekorasi taman. Yang dengan senang hati akan melayani Anda dalam pembuatan taman rumah Anda. Kami mengutamakan kualitas taman Anda, sehingaa fungsi dari taman tersebut bisa lebih tersampaikan. Untuk info kami lebih lanjut, bisa langsung hubungi kami di 0813 6420 2323

Jenis-Jenis Tanaman Hias Buah

Selain dari bunga dan daunnya, kamu pun bisa menjadikan tanaman yang memiliki buah sebagai penghias rumahmu. Apalagi kalau tumbuhannya memiliki perpaduan antara tangkai, daun, dan buah yang indah. Beberapa contohnya adalah:

1. Zaitun

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Buah Zaitun

Salah satu jenis-jenis tanaman hias yang berbuah dan bisa kamu tanam di pekarangan rumahmu adalah zaitun. Secara umum, ia akan tumbuh sebagai pohon atau perdu dan memiliki bunga kecil yang akan membelah menjadi 4 kelopak ketika kuncupnya terbuka.

Setelah ditanam selama kurang lebih lima tahun, biasanya zaitun akan mulai berbuah, di mana buah mudanya sudah bisa dimakan mentah atau dijadikan asinan. Sementara buahnya yang tua bisa diperas dan diekstrak minyaknya.

Menariknya, pohon zaitun ini bisa berusia hingga ribuan tahun, lho! Sehingga kalau kamu menanamnya di rumah sekarang, hasilnya masih bisa dinikmati oleh anak, cucu, cicit, dan keturunanmu selanjutnya.

2. Tomat Ceri

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Buah Tomat Ceri

Kalau kamu menyukai tomat, tidak ada salahnya berusaha menanam salah satu dari jenis-jenis tanaman hias buah yang satu ini. Hal ini dikarenakan tumbuhan ini tidak hanya enak dipandang mata, tapi juga enak dinikmati.

Bahkan, jika ingin memakannya, kamu nggak perlu memotong-motongnya lagi karena ukurannya yang kecil. Belum lagi rasanya yang lebih manis dibandingkan tomat pada umumnya, menjadikannya terasa lebih enak ketika dimakan secara langsung.

Namun, jangan langsung terburu-buru membeli benihnya, ya! Kamu harus menanyakan juga ke penjualnya, apakah benih tomat ceri yang akan kamu beli itu cocok untuk ditanam di daerah rumahmu. Hal ini dikarenakan, tomat ceri ini dibagi menjadi beberapa varietas sesuai dengan daerah penanamannya, yaitu di dataran rendah, menengah, atau tinggi.

Untuk menanamnya juga kamu tidak hanya bisa melakukan langsung di tanah, tapi juga bisa dalam pot. Kemudian jangan lupa untuk menyiramnya dan memberikan pupuk secara rutin. Bahkan, kalau ingin mendapatkan tanah yang lebih bernutrisi, kamu juga bisa mencampurkan bubuk kopi yang dijual di toko-toko pada tanahnya.

3. Buah Naga Mini

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Buah Naga MiniSumber: Instagram – weeza016

Kalau kamu menyukai buah naga tapi bingung karena tidak memiliki banyak lahan untuk menanamnya, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang kamu bisa menanam buah naga mini sebagai tabulampot (tanaman buah dalam pot) hias.

Meskipun nama dan rasanya sama dengan buah naga, tapi ada beberapa perbedaan antara kedua buah tersebut. Selain ukurannya yang jelas terlihat berbeda, buah naga mini memiliki bentuk batang dan daun yang terlihat melingkar seperti rambut ikal, tidak seperti buah naga yang bentuk batangnya menyerupai kaktus tanpa duri. Ukuran pohonnya pun pendek dengan sulur yang melingkar, sementara buah naga pada umumnya berukuran panjang menjuntai ke bawah.

Jika kamu ingin menanamnya, pastikan kamu menggunakan media tanam yang gembur dan kaya nutrisi. Pastikan juga untuk meletakkannya di tempat terbuka karena buah naga mini memerlukan sinar matahari penuh untuk tumbuh secara optimal.

4. Jeruk Nagami

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Buah Jeruk NagamiSumber: Instagram – normalnisa

Kamu pernah nggak mendengar nama buah jeruk yang satu ini? Salah satu jenis tanaman hias buah ini memiliki keunggulan karena ukuran buahnya yang lonjong kecil dan bisa dimakan langsung dengan kulitnya. Rasanya asam dan manis, di mana rasa manisnya lebih terasa dari kulitnya.

Secara fisik, pohon jeruk nagami ini dapat tumbuh setinggi 2,5 – 4,5 meter dengan batang yang bercabang banyak dan berduri. Daunnya hijau mengkilap dan bunganya berwarna putih mirip bunga jeruk biasa. Menariknya, setiap pohonnya dapat menghasilkan ribuan buah setiap tahun.

Perawatannya juga sangat mudah. Cukup disiram sehari sekali dan diberi pupuk seminggu sekali akan cukup membuatnya subur dan rutin berbuah. Jika daunnya terlihat terlalu rimbun, bisa juga dilakukan pemangkasan agar nutrisinya lebih terfokus ke pertumbuhan buahnya.

5. Tin

Jenis-Jenis Tanaman Hias - Buah Tin

Ketika mendengar nama buah tin, beberapa dari kamu mungkin teringat akan buah yang disebut dalam tiga kitab suci, Alquran, Injil, dan Taurat. Pohon yang juga dikenal dengan nama ara ini tak hanya bisa dinikmati buahnya, tapi juga bisa menjadi salah satu jenis-jenis tanaman hias di rumahmu.

Ukuran pohonnya besar dan dapat tumbuh hingga setinggi 10 meter dengan batang lunak berwarna abu-abu. Meskipun begitu, kamu bisa menanam pohon ini dalam pot dan tetap mendapatkan hasil buahnya.

Buah tin bisa dinikmati dengan cara dimakan langsung, dikeringkan, atau dibuat selai. Namun, kalau kamu sudah memetik buahnya, kamu harus segera memanfaatkan buah tersebut karena tidak bisa disimpan lama dan mudah rusak.

Baca juga : Renovasi Taman Rumah